Gagal Lolos Liga Champions, Arsenal Disebut Punya Masalah Mental

By ommed


nusakini.com - Bekas kapten Arsenal, Gilberto Silva, menyoroti rapuhnya mental The Gunners di tengah kegagalan mereka lolos ke Liga Champions Eropa musim depan.

Si Meriam London sejatinya memegang keunggulan untuk finis empat besar dengan tiga laga tersisa di Liga Primer Inggris 2021/22. Namun dua kekalahan beruntun -- di tangan rival bebuyutan, Tottenham Hotspur, dan Newcastle -- membuat mereka disalip Spurs dan harus puas dengan peringkat kelima.

Mantan pesepakbola Brasil itu menghabiskan enam tahun bersama The Gunners antara 2002 sampai 2008 dan menjadi bagian Invincibles yang menjuarai Liga Primer 2003/04 tanpa terkalahkan.

Namun melihat kondisi bekas klubnya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh nama-nama legendaris seperti Thierry Henry, Patrick Vieira, dan Robert Pires, membuat Gilberto kecewa.


"Tahu apa yang bikin fans Arsenal frustrasi? Menurut saya adalah karena mereka melewatkan kesempatan untuk ke Liga Champions setelah beberapa tahun - empat atau lima tahun kalau tidak salah," katanya kepada talkSPORT.

"Arsenal harus kembali ke puncak liga... karena sulit melihat Arsenal belakangan ini tidak bermain di Liga Champions dan tidak memperebutkan gelar liga."

Gilberto Silva juga menyoroti minimnya "mentalitas pemenang" dan merasa mentalitas tersebut hilang begitu Arsene Wenger mundur dari jabatan manajer.

Dia menambahkan: "Kadang, di masa transisi, Anda juga kehilangan mentalitas. Ini yang sulit karena dahulu mereka pernah memiliki mentalitas pemenang dan tampaknya itu mulai hilang."

"Di saat kehilangan poin, Anda harus punya orang yang bisa bekerja bareng para pemain dan menempatkan mereka di mood yang tepat, di cara berpikir yang tepat."

"Kami ini salah satu klub terbaik di dunia, dan apa yang kami lakukan tidak dapat diterima. Sudah saatnya kami melakukan apa yang benar dan lakukan dengan mentalitas yang benar, sesuai dengan apa yang dibutuhkan klub ini." (gi/om)